Wednesday, August 30, 2017

Masalah - Masalah pada Cyberindo

Permasalahan yang sering terjadi pada CyberIndo sebagai berikut:

1. Ask : Kenapa sih setiap setting warnet dengan updater cyberindo pasti ada aja masalah-masalah teknis yang diluar perkiraan, padahal secara teori dan rencana seharusnya lancar aja

Jawabannya : Pastikan sarapan nasi uduk dulu sebelum setting/instalasi, karena biasanya pekerjaan yang dimulai tanpa diawali dengan sarapan nasi uduk atau lontong sayur itu memiliki resiko menemui masalah yang lebih tinggi

2. Ask : Apa yang harus saya lakukan kalau pada saat instalasi saya mengalami masalah teknis dan tidak kunjung mendapatkan solusi, padahal sudah coba sana sini, sudah tanya sana sini, berkali-kali membaca ulang tutorial

Jawabannya : Istirahat sebentar, duduk santai dibawah kipas angin sambil makan nasi uduk. kalau sudah feel good baru lanjutkan pekerjaan lagi. dan jangan lupa, selalu membaca doa sebelum memulai pekerjaan.

3. Ask : Alamat server & password login default cafe console apa ya? tadi ga sengaja kehapus terus mau login jadi ga bisa

Jawaban : Alamat Server = 127.0.0.1 Password : gcafe

4. Ask : Mode Autoupdate setiap update game sering pause sendiri, di klik betulkan update tapi langsung pause lagi

Jawaban : Tutup Cafe Console (Cyberindo) server, masuk ke direktori dimana Cafe console terinstal (Default : C:\Program Files (x86)\CyberIndoServer) , cari file bat dengan nama "_remove_service.bat" jalankan filenya, tunggu sampai ada tulisan "press any key" dah pencet dah tuh tombol any. Lalu cari file bat dengan nama "_install_service.bat" jalankan filenya, tunggu sampai selesai. buka lagi Cafe Consol servernya

5. Ask : Autoupdate Garena Plus Stuck di pertengahan, ditunggu ga jalan-jalan lagi

Jawaban : Buka task manager di server, masuk ke tab proccess, cari ggdllhost.exe lalu endtask, batalkan update garenaplus nya, lalu update ulang
*Biasanya ggdllhost.exe ini kalau nyangkut di task manager juga bisa ber-efek update game lain ikut stuck, belum jelas penyebabnya apa, jadi kalau ada game lain yang stuck juga, bisa coba cara ini, semoga bisa jadi solusi :D

6. Ask : Pada waktu ada game yang sedang update (autoupdate) dari RDC, koneksi internet mendadak lemot, game online jadi lag, solusinya bagaimana?

Jawaban : Buka Cafe Console (CyberIndo) Server, masuk ke Pengaturan Dasar, dan disitu ada fitur untuk mengatur jumlah antrian update dan limit kecepatan update. silahkan di atur berapa game yang bisa update dalam 1 proses dan berapa kecepatan internet yang akan di berikan. Atau bagi warnet yang menggunakan router mikrotik, bisa dibuat rules khusus untuk mengatur koneksi ke download server, untuk file rsc kebetulan sudah ada yang pernah posting, silahkan ambil disini https://www.facebook.com/groups/CyberindoGlobal/839172646140360/ tinggal import ke mikrotik lalu tentukan sendiri speed limit nya :D

7. Ask : Waktu menjalankan Cyberindo server, muncul pesan error : koneksi ke server gagal

Jawaban : Masuk ke direktori dimana Cafe console terinstal (Default : C:\Program Files (x86)\CyberIndoServer) , cari file bat dengan nama "_remove_service.bat" jalankan filenya, tunggu sampai ada tulisan "press any key" dah pencet dah tuh tombol any. Lalu cari file bat dengan nama "_install_service.bat" jalankan filenya, tunggu sampai selesai. buka lagi Cafe Consol servernya

8. Ask : (Mode Local Disk) Game gagal sync, di server sudah update, tapi di client masih minta update.

Jawaban : Jalankan game yang gagal sycn di client, jangan klik run pada game menu tapi klik opsi "update" akan muncul jendela kecil dengan 3 menu update option. pilih salah satu metode untuk re-sycn game di pc client tersebut.
1. quick update by index
2. quick update by files
3. redownload all files

9. Ask : Game Point Blank (PB) selalu minta chek sebelum bisa di play

Jawaban :
1. Mode Local disk : buka restore protect, pastikan game suka uptodate antara client dengan server, jalankan game nya, klik chek lalu tunggu sampai selesai. tutup lagi restore protect
2. Mode virtual disk & Diskless : Jalankan gamenya di server, chek lalu tunggu sampai selesai. setelai selasai tutup launcher game. masuk ke cyberindo server, klik kanan atau double klik game Point Blank di list Online game, pilih opsi "Buat Index" tunggu sampai selesai

10. Ask : Tambah game manual, tapi di game menu client tidak muncul

Jawaban : klik kanan atau double klik game yang bersangkutan di gamelist pada server cyberindo. pilih menu "Konfig Game", klik opsi "Install game di list ke" yang terdapat di pojok kiri bawah lalu tentukan default grup yang di inginkan.

11. Ask : Error install cyberindo client mode local disk (Error opening file for writing bla bla bla)

Jawaban : Pastikan Pc client terdapat 3 partisi (C, D, dan E)

12. Ask : Sama seperti kendala pada point no 11, cuma yang ini error messagenya ada tulisan cafeclientsvc

Jawaban : Itu biasanya terjadi kalau install ulang client cyberindo, buka task manager lalu masuk ke menu proccess. cari proses dari cafeclientsvc, end task. silahkan lanjutkan proses instalasi

13. Ask : Muncul gambar gembok kecil di tray icon game menu cyberindo

Jawaban : Masalah lisensi, silahkan hubungi CS Cyberindo

14. Ask : Cara memasukkan film atau lagu ke game menu cyberindo

Jawaban : Untuk sementara ini, solusi yang terbaik cuma 1. Silahkan menggunakan software 3rdparty untuk catalog video/audio. beberapa software yang direkomendasikan adalah EMDB dan XBMC, masih ada banyak software lain yang lebih bagus atau lebih menarik, silahkan googling cari sendiri sesuai selera :D

15. Ask : Tampilan game menu rusak/blank putih

Jawaban : Penyakit pasarannya sih driver dan biasanya solved setelah menginstall/mengupdate driver VGA

16. Ask : Lancard gigabit terbaca cuma 100Mbps

Jawaban : Biasanya masalah terpadat pada
1. Switch yang belum support gigabit (solusi ganti switch)
2. kabel UTP belum support gigabit (Solusi Ganti kabel)
3. atau krimping konektor RJ45 yang kurang sempurna (solusi krimping ulang, atau coba di press ulang konektornya sebelum krimping ulang lalu test lagi)

17. Ask : Optimize traffic dari server pada client dengan lancard 10/100 (apabila masih banyak PC client dengan Lancard 10/100)

Jawaban : Pada server, buka device manager, pada networking device klik kanan --> klik properties --> masuk ke menu advaced --> cari opsi Flow Control --> set disable (defaultnya tx & rx enabled)
restart pc server

18. Ask : Traffic LAN server cuma 10% di task manager padahal sudah gigabit, switch sudah gigabit, client gigabit

Jawaban : Biasanya masalah ini terjadi pada warnet / game centre yang menggunakan switch/hub lebih dari 1. apabila lancard server sudah terdeteksi 1Gbps, lan client juga sudah terdeteksi 1Gbps, maka pastikan kabel dari switch satu ke switch yang lain juga sudah terpasang dengan baik

19. Ask : Install ulang, upgrade/downgrade versi cafe console, gagal booting (PXE-M0F Connection reset)

Jawaban : Lisensi diskless pada console diskless lepas waktu uninstall cyberindo client pada mode super user, karna kalau install ulang cyberindo server biasanya dengan tujuan untuk ganti versi, otomatis harus buka super user dan install ulang cafe client-nya. Sementara ini solusinya install ulang diskless server console.

20. Ask : [diskless] boot stuck di booting from san device 0x80

Jawaban : PC Client belum dikasih image atau image yang digunakan terdapat file corrupt

21. Ask : Booting stuck di logo windows

Jawaban : Penyebab umumnya adalah Driver LANcard yang tidak cocok, Penggunaan Windows Loader (image windows7), Lancard yang tidak support boot ROM (PXE), Lisensi
Solusi
- Driver LANcard yang tidak cocok : Import driver lan dengan menggunakan pnp tools server, untuk driver silahkan download dari website resmi masing-masing motherboard
- Windows Loader : silahkan cari loader versi lain di google atau bisa menggunakan remove wat, atau tidak perlu dikasih loader, tiap 30 hari upload ulang image :Troll:
-Lancard yang tidak support boot ROM (PXE) : ganti lancardnya atau bisa boot dengan ipxe, silahkan googling dengan keyword ipxe untuk tutorialnya dan requirement toolsnya
-Lisensi : sama seperti FaQ No 19

22. Ask : Gagal booting (Pxe-m0f no bootable device)

Jawaban :
• Pastikan image sudah di upload / import.
• Pastikan DHCP scan di server sudah berjalan.
• Pastikan DHCP scan di server tidak bentrok dengan DHCP server diskless lain (kalau ada).
Pastikan juga DHCP range nya tidak include IP si server sendiri.
• Kalau TFTP service masih gagal running, bisa coba input mac address client secara manual pada server diskless

23. Ask : kurang lebih sama seperti FaQ no 22 cuma error message nya "pxe-m0f media test failure"

Jawaban : cek kondisi kabel dan lancard, pastikan onboard LAN sudah enable dan kabel UTP sudah terhubung dengan baik

24. Ask : booting diskless gagal muncul error message "reboot and select proper boot device or insert boot media in selected boot device and press a key"

Jawaban : Cek bios, pastikan Onboard Lancard dan Onboard LAN Boot ROM (PXE) sudah enable.

25. Ask : Apa sih arti dari tanda silang warna merah pada cafe console server

Jawaban : tanda silang warna merah = restore protect tidak aktif atau tidak terinstall
apabila aktif atau terinstall akan ada tanda (ga tau tuh gambar apa) warnanya hijau
pada mode diskless abaikan tanda silang warna merah-nya, karena mode diskless tidak menggunakan harddisk dan image sudah locked, loh kalo gitu untuk merubah-rubah setting pada image diskless gimana? silahkan aktifkan fitur super user yang fungsinya sama seperti protect restore pada mode disk.
super user aktif = protect disabled
super user nonaktif = protect enabled

26. Ask : Protect Restore itu apa sih?

Jawaban : sama aja kayak Deepfreeze, shadow defender dan software-software sejenisnya, cuma bedanya restore protect cyberindo full freeze tapi tetap memungkinkan update game yang di transfer dari server cyberindo masuk secara permanen di pc client

27. Ask : Bagaimana cara install restore protect pada updater versi local disk & virtual disk

Jawaban : nyalakan PC client, pada cafe console server akan ada tanda silang warna merah apabila belum terinstall atau belum aktif restore protectnya, silahkan klik kanan pc tersebut, pilih menu install/aktifkan restore.

Semoga bisa membantu, jika ada kekurangan silahkan dikoreksi terima kasih.

0 comments:

Post a Comment